10 Hari Pertama Puasa sudah Dilewati, sudah Beramal Apa?

10 Hari Pertama Puasa sudah Dilewati, sudah Beramal Apa?

Orang yang berpuasa di bulan Ramadhan niscaya akan dikabulkan doanya oleh Allah swt. Dalam sebuah hadits, Rasulullah saw menjelaskan tiga macam doa yang mustajab, yaitu doa orang yang sedang puasa, doa musafir, dan doa orang yang teraniaya.

Rasulullah SAW bersabda:
من صام رمضانَ إيمانا واحتسابا غُفِرَ له ما تقدَّم من ذَنْبِهِ
Artinya, “Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan iman dan mengharap pahala dari Allah maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari)

Dalam riwayat lain,
من قام رمضان إيمانا واحتسابا غُفِرَ له ما تقدَّم مِنْ ذَنْبِهِ ، ومن قام ليلةَ القَدْرِ إيمانا واحتسابا غُفِرَ له ما تقدَّم مِنْ ذَنْبِهِ
Artinya, “Siapa yang menghidupkan bulan Ramadhan (dengan puasa atau ibadah) dengan iman dan mengharap pahala dari Allah Swt. maka diampuni dosanya yang telah lalu, dan siapa yang menghidupkan (beribadah) malam lailatul qadar dengan iman dan mengharap pahala dari Allah subhanahu wata’ala maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Di antaranya, berdoa di fase pertama 10 hari pertama Ramadhan menjadi salah satu amalan yang bisa dilakukan umat Islam memohon kepada Allah mengabulkan hajatnya. Sembari menjalankan ibadah puasa, diiringi dengan doa mustajab setiap harinya. Pada 10 hari pertama di bulan Ramadan, umat Islam dapat berdoa memohon ampunan kepada Allah swt, Allah memberikan maghfirah kepadanya. 
Semoga kita semua mendapatkan ampunan, hidayah dan taufiq-NYA

Posting Komentar

0 Komentar